Penulis / NIM
FERLIYANTI / 221410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Ferliyanti, 2017 Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam penggunaan pendekatan pembelajaran contekstual teaching and learning (di sekolah SMP NEGERI 1 MOUTONG).
Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah penerapan pembelajaran contekstual teaching and learning di SMP Negeri 1 Moutong serta bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat peneran pembelajaran CTL di SMP 1 Negeri Moutong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu dari beberapa siswa dan guru di MTS di SMP 1 Negeri Moutong
Tehnik yang digunakan dalam mengumpulkan data diperoleh melalu beberapa tahapan yaitu tahap obsevasi, tahap wawancara dan tahap dokumentasi berupa foto dan alat rekaman (hp) yang diambil pada saat proses pengumpulan data dilapangan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemajuan untuk belajar siswa baik itu berdasarkan nilai rapotr yang baik yang mengambarkan prestasi belajar siswa sebagai ketekunan dan keseriusan dalam belajar .
Selanjutnya faktor-faktor yang menghambat penerapan pembelajara contekstual teaching and learning baik yang berasal dari diri sendiri (cara mengajar guru mengajar dan prasarana dalam proses belajar) maupun yang berasal dari luar (1.lingkungan sekolah: alat/media, kondisi gedung dan kurikulum, 2. lingkunga keluarga: orang tua suasana rumah, kedaan ekonomi keluarga, 3. Lingkungan Masyarakat: media masa, teman bermain, lingkungan tetangga dan aktifitas siswa dimasyarakat).
Kata kunci: peran guru, pembelajaran contrekstual teaching and learning
Download berkas