Penulis / NIM
ISFAR ADARANI / 221410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
ISFARADARANI: NIM 221 410 042, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif Pada Mata Pelajaran P.Kn Di Kelas VIIIB SMPNegeri 3 Paguyaman, Skripsi 2014Jurusan IlmuHukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Bimbingan:Ibu Hj.Maisara Sunge SH,MH (Pembimbing I) dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd.M.Sc (Pembimbing II).
Permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran GeneratifDapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIIIB SMP Negeri 3Paguyaman? Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran P.Kn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif Di Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Paguyaman.
Pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menerapkan model pembelajaranGeneratif yang akan meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkat dengan baik. Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan mengikuti langkah-langkah PTK. ya itu persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi terhadap hasil yang diperoleh untuk melakukan perbaikan pada pertemuan selanjutnya.
Penelitian tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa, disamping dapat memberikan rujukan bagi guru dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: Dengan penerapanmodelpembelajaran Generatifdapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIBSMP Negeri 3 Paguyaman Kabupaten Boalemo " terbukti" dan dapat diterima.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Pembelajaran Generatif, Pelajaran P.Kn
Download berkas