SKRIPSI

Penulis / NIM
FANHY AFANDY DETU / 221410052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK FANHY AFANDY DETU. 2017. Kinerja Guru PKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa (Studi Deskriptif di Smp Cokroaminoto Kotamobagu), dengan Pembimbing: (1) Dr. H Sukarman Kamuli M.Si. (2) Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Sikap Nasionalisme di kalangan siswa dewasa ini tergolong memprihatinkan, seperti tawuran pelajar, tidak khidmat mengikuti upacara, kurang hafal lagu-lagu nasional, tidak hafal pancasila. SMP Cokroaminoto merupakan salah satu sekolah favorit kec Kotamobagu Barat. Selain itu, sekolah ini banyak menciptakan siswa-siswa yang berprestasi. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto Kotamobagu, (2) Bagaimana kinerja guru PKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, (3) Kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto, (2) untuk mengetahui kinerja guru PKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa SMP Cokroaminoto, (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan sikap nasionalisme sisw SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian dalam penetian ini sebagai berikut: sikap nasionalisme dikalangan siswa SMP Cokroaminoto Kotamobagu dalan hal bangga menjadi bangsa negara Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan secara keseluruhan sudah tumbuh di kalangan siswa. Walaupun masih ada sedikit siswa yang masih kurang mempunyai sikap nasionalisme.. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa adalah faktor latar belakang keluarga yang berbeda-beda dan faktor keluarga mengambil peranan penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, faktor pergaulan siswa, faktor globalisasi berdampan negatif pada siswa. Upaya yang dilakukan guru adalah melakukan pendekatan kepada siswa agar selalu meninggalkan perbuatan yang akan merusak moral siswa, memberikan nilai-nilai agama di sela-sela pembelajaran PKn. Kata kunci: Guru,Sikap Nasionalisme,Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011