Penulis / NIM
MOHAMMAD REGI LIMBALO / 221410054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Moh Regi Limbalo 221 410 054. ..."Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Small Group Wokr Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Cokroaminoto Kota Kotamobagu. Skripsi Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Revoltje Kaunang M.Pd Dan Pembimbing II Bapak Rasid Yunus S.pd, M.Pd
Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam diskusi kelompok, dapat dilakukan pelatihan untuk membantu siswa dalam memperoleh ide baru yang dapat digunakan untuk diskusi kelompok ataupun pertanyaan yang diberikan oleh siswa lainya. Dimana Small Group Work adalah program pendidikan tunggal yang dirancang untuk mengajarkan atau memperkenalkan kepada peserta keterampilan praktis, teknik, atau ide-ide yang dapat digunakan dalam pekerjaan mereka.
Hasil penelitian Pada Pra tindakan perserta didik yang memperoleh nilai dibawah ketuntasan sebanyak 22 orang siswa peserta didik dengan presentase sebesar 76% dan mencapai ketuntasan sebesar 7 orang siswa peserta didik dengan presentase sebesar 24%. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai dibawah ketuntasan sebanyak 15 orang siswa peserta didik dengan presentase sebesar 52% dan yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 14 orang siswa peserta didik. Hal ini menunjukan bahwa presentase pencapaian belum memenuhi indikator ketuntasan. Pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai dibawah indikator ketuntasan 5 orang siswa peserta didik dengan persentase 17% dan yang mencapai nilai indikator ketuntasan 24 orang siswa peserta didik dengan presentase 83%.
Berdasarkan kesimpulan, bahwa pembelajaran PKn mengunakan Model Pembelajaran Small Group Work dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa kelas VII SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Guru membuat pertanyaan sesuai materi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, menjelaskan kegiatan pembelajaran, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menugaskan siswa untuk melakukan diskusi kelompok, menugaskan siswa membuat pertanyaan individu, melakukan tanya jawab dengan diskusi dan memberikan umpan balik atas jawaban siswa
kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Small Group Work, Mata Pelajaran PKn
Download berkas