Penulis / NIM
IKA APRIYANTI / 221410055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
IKA APRIYANTI.2015 "Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Question Student Have Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII di SMP Negeri 1 Dulupi". Dengan Pembimbing I Dr. Zulaecha Ngiu dan Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd., M.Sc.
Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan pada siswa kelas VII (tuju) SMP Negeri I Dulupi tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Question Student Have aktivitas belajar siswa dapat di tingkatkan?
Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas VII melalui model pembelajaran Question Student Have. Dalam penelitian ini siswa yang di kenai tindakan berjumlah 24 orang.
Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus dua kali pertemuan, pada pertemuan pertama sesuai hasil pengamatan aktivitas kelompok yang memperoleh kriteria sangat baik 1 aspek (14,28%) kriteria baik 1 aspek (14,28%) dan kriteria cukup 5 aspek (71,42%). Pengamatan aktivitas belajar siswa perindividu yang memperoleh kriteria sangat aktif 2 orang (8,33%), kriteria aktif 2 orang (8,33%), kriteria cukup aktif 1 orang (4,16%), kriteria kurang aktif 8 orang (33,33%), dan kriteria tidak aktif 11 orang (45,83%). Kegiatan belajar siswa pada pembelajaran ini belum optimal dan perlu di lanjutkan ke pertemuan berikutnya. Dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa secara kelompok mendapatkan hasil kriteria sangat baik 3 aspek (42,85%) kriteria baik 4 aspek (57,14%). Pengamatan aktivitas belajar siswa perindividu, yang memperoleh kriteria sangat aktif 7 orang (29,16%), kriteria aktif 6 orang (25%), kriteria cukup aktif 5 orang (20,83%), kriteria kurang aktif 3 orang (12,5%) dan kriteria tidak aktif 3 orang (12,5%).
Dari hasil penelitian satu siklus sebanyak dua kali pertemuan tampak jelas bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 pertemuan pertama ke siklus 1 pertemuan ke-II sesuai dengan apa yang sudah direncanakan seperti pada hipotesis tindakan yaitu " dengan menggunakan model pembelajaran question student havemaka aktivitas belajar siswa Kelas VII SMP Negeri I Dulupi dapat di tingkatkan".
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Question Student Have,Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Download berkas