Penulis / NIM
ASEH / 221410057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
ASEH. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sidomulyo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Hj. Maisara Sunge,SH.,MH dan Pembimbing II Ibu Asmun W. Wantu,S.Pd.,M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sidomulyo, siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 23 orang, laki-laki berjumlah 7 orang dan perempuan 16 orang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa "Jika Guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Bamboo Dancing maka akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan" hal ini telah teruji dan dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data : (1) hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 43,5% atau 10 orang yang memperoleh nilai 75 ke-atas dan pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 56,5% atau 13 orang yang memperoleh nilai diatas 75, selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 86,9% atau 20 orang yang memperoleh nilai diatas 75. (2) untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 60% pada silkus I pertemuan 1 menjadi 83,33% pada siklus I pertemuan 2, dan lebih meningkat menjadi 100% pada siklus II. (3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 52,17% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 73,91% pada siklus I pertemuan 2 dan pada siklus II meningkat menjadi 95,66%.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Download berkas