Penulis / NIM
ASTIN NASIR UDI / 221410064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Astin Nasir Udi. 2015. Meningkatkan pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn melalui Model pembelajaran Small Group Work di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tilamuta Kab. Boalemo. Jurudsan Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian bertujuab meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Small Group Work di SMP Negeri 4 Tilamuta Kab. Boalemo.
Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu "Apakah model pembelajaran Small Group Work dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka pemecahan asli adalah penggunaan model Small Group Work, dimana Small Group Work merupakan strategi pembelajaran yang meminta siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan bekerja bersama-sama dalam suatu kelompok, baik itu dalam memahami materi maupun menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, tetapi setiap siswa tetap mempunyai kedudukan dan tanggung jawab mandiri terhadap pribadinya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I IAnalisis Peningkatan Pemahaman Siswa rata-rata yang tuntas sebanyak 15 orang atau 75% sudah meningkat, tetapi belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan minimal siswa yang tuntas sebanyak 16 orang atau 80% sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada Siklus II Pada siklus 2 Peningkatan Pemahaman Siswa rata-rata yang tuntas sebanyak 19 orang atau 95% sudah meningkat dan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan minimal siswa yang tuntas sebanyak 16 orang atau 80%.
Kata kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Small Group Work
Download berkas