Penulis / NIM
GUSTIN ABAS / 221410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Gustin Abas. 2014. Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Asmun W.Wantu, S.Pd, M.Sc.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPkn di kelas VII SMP Muhammadiyah Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa melalui penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) menunjukkan bahwa minat belajar siswa secara individu mengalami peningkatan. Penelitian tindakan pada siklus 1 pertemuan pertama hanya 63.54%, meningkat pada siklus I pertemuan kedua yaitu 81.25%, yang telah berminat dalam belajar khususnya pada materi pelajaran PPKn atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 75%. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "jika guru menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) pada pembelajaran PPKn pada kelas VII, maka minat belajar siswa meningkat." Dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R). Meskipun kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah berdampak pada peningkatan minat belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan analisis data hasil penilaian, dimana minat belajar siswa belum dapat meningkat pada siklus I pertemuan pertama,sehingga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus I pertemuan kedua.
Kata Kunci : Minat Belajar, Model Pembelajaran Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R)
Download berkas