Penulis / NIM
TITI NARIANSI TUNGGIL / 221410073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
TITI NARIANSI TUNGGIL. 221 410 073. 2015. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Buzz Group Di Kelas VII SMP Negeri 1 Bohabak Kecamatan Bolaangitang Timur. Skripsi . Jurusan Ilmu hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH.MH selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa, yang di laksanakan di SMP Negeri 1 Bohabak, model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Buzz Group dalam hal ini penulis menggambarkan meneliti kegiatan atau pemahaman siswa pembelajaran PPKn dan mengkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi dari setiap peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi dalam proses pembelajaran berlangsung dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa yang mana hasil mencapai 20% pada siklus I, setelah di adakan perbaikan pada siklus II maka hasil yang di peroleh pada siklus II meningkat menjadi 80%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model pembelajaran Buzz Group Di Kelas VII SMP Negeri 1 Bohabak Kecamatan Bolangitang Timur
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran, Buzz Group
Download berkas