Penulis / NIM
SRI MEIPEMI YUSUP / 221410074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
SRI MEIPEMI YUSUP, 2015. MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE A PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IX SMP NEGERI 3 SATAP BULANGO ULU. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc selaku Dosen Pembembing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa, yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Satap Bulango Ulu, model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah Picture A Picture dalam hal ini penulis menggambarkan meneliti kegiatan atau pemahaman siswa pembelajaran PKn dan mengkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi dari setiap peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa yang mana hasil mencapai 20% pada siklus I, setelah diadakan perbaikan pada siklus II maka hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 80%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Meningkatan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture A Picture Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri 3 Satap Bulango Ulu.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Picture A Picture
Download berkas