Penulis / NIM
WA ODE JUMIATI / 221410077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Wa Ode Jumiati, 2015. Penerapan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas X IPSB Di SMA Negeri 1 Paguyaman. Pembimbing I, Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II, Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan studi Penelitian Tindakan Kelas di salah satu SMA Negeri 1 Paguyaman, yang bertujuan untuk melihat apakah dengan penerapan media peta konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X IPSB di SMA Negeri I Paguyaman, yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan aktivitas siswa dan lembar pemahaman siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I mencapai 60,76 % dan hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus II mencapai 87,5%, hasil pengamatan kegiatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,44% dan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 83,32%, hasil pengamatan pemahaman siswa siklus I mencapai 57,55% dan hasil pengamatan pemahaman siswa siklus II mencapai 85,71%.
Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Peta Konsep dapat Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa di Kelas X IPSB SMA Negeri 1 Paguyaman.
Kata Kunci : Media Peta Konsep, Pemahaman Siswa
Download berkas