SKRIPSI

Penulis / NIM
KARTIN DATAU / 221410079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK KARTIN DATAU: NIM 221 410 079 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi 2014 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan SI PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd (pembimbing satu) dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd M.Sc (pembimbing dua). Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas VII1 pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman. Untuk itu, cara pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan menjadikan siswa lebih aktif dalam berfikir serta siswa mendapat informasi dari jawaban yang lengkap dan jelas. Dari hasil penelitian sebanyak 1 siklus dengan 3 kali pertemuan secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau peningkatan yaitu pada siklus 1 pertemuan 1 siswa yang tuntas sebanyak 45%,sedangkan pada siklus 1 pertemuan II, sebanyak 80% meningkat menjadi 35%, dan sedangkan pada siklus 1 pertemuan 3, sebanyak 100%, jadi meningkat sebanyak 20%. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Problem Solving, Mata Pelajaran PKn
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011