Penulis / NIM
SISKAWATI R. BAKARI / 221410080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Siskawati Bakari. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pkn Di Madrasah Aliyah Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Zulaecha Ngiu, M. Pd. Dan Pembimbing II Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, faktor-faktor apa yang menghambat penguasaan guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penerapan strategi pembelajaran dan upaya apa yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dalam mengatasi ketidak profesionalnya guru pada penerapan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah Molowahu? Dengan fokus penelitian yaitu penerapan delapan (8) strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh guru Pkn di Madrasah Aliyah Molowahu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk mengetahui faktor yang menghambat penguasaan guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penerapan strategi pembelajaran dan untuk mengetahui upaya yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dalam mengatasi ketidak profesionalnya guru pada penerapan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah Molowahu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah Molowahu telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, tetapi masih terdapat aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Strategi yang telah diterapkan adalah strategi berorientasi aktivitas siswa, strategi ekspositori, strategi inkuiri, strategi kontekstual, strategi afektif, strategi berbasis masalah, strategi peningkatan kemampuan berpikir dan strategi pembelajaran kooperatif. Sedangkan aspek yang perlu ditingkatkan adalah pengetahuan guru tentang strategi pembelajaran dan fasilitas yang mendukung penerapan strategi pembelajaran.
Faktor-faktor yang menghambat penguasaan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran adalah kurangnya pemahaman guru tentang karakteristik dan kondisi siswa, kompotensi guru, keterampilan guru dalam proses pembelajaran kurang efektif dan efisien. Kurang Percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki, kurangnya fasilitas belajar, dan motivasi guru.
Upaya yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dalam mengatasi ketidak profesionalnya guru pada penerapan strategi pembelajaran adalah mengikuti pelatihan, menerapkan strategi pembelajaran, mengevaluasi dan menyediakan fasilitas belajar sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran terutama untuk memotivasi siswa agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.
Kata Kunci : Penerapan, Strategi Pembelajaran
Download berkas