Penulis / NIM
RAHAYU NINGRUM / 221410081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
RAHAYU NINGRUM. 2014. "Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Di Kelas VIII1SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah "Apakah dengan mengunakan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question dapat Meningkatkan Kreativitas Belaja Siswa pada Mata Pelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Paguyaman"?.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question pada pelajaran PKn di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Paguyaman.
Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan.Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif.Berdasarkan analisis data mak dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraanya yakni pada siklus I pertemuan ke II rata-rata kreativitas belajar siswa diperoleh yakni 65% belum mencapai kreativitas belajar yang baik, sehingga dilanjutkan siklus berikutnya dan pelaksanaan siklus II pertemuan I jumlah tersebut terusmeningkat menjadi 85%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Paguyaman.
Kata Kunci: Kreativitas Belajar Siswa dan Metode Learning Start With A Question
Download berkas