Penulis / NIM
NOVIKAHAZRIATI S. PADODO / 221410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI KELAS VII SMP NEGERI 9 GORONTALO
Novika Hazriati S. Padodo * Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd * Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd.
ABSTRAK
Novika Hazriati S. Padodo 221410084 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo". Tugas Akhir Skripsi. Program Studi S 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd dan pembimbing II Drs. Revoltje O. W Kaunang, M. Pd.
Secara umum penelitian bertujuan untuk meningkatakan proses pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran The Power Of Two. Secara khusus untuk meningkatakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPkn. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan aktivitas belajar siswa, indikator siswa, dan lembaran kerja siswa (tes uraian). Penelitian di laksanakan di SMP Negeri 9 Gorontalo dengan subjek penelitian adalah 25 orang siswa, pada kelas VII b. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang di lakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran The Power Of Two dan pengamatan di lakukan terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siswa. Selanjutnya tahap refleksi di lakukan pengamatan dan perbaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga pembelajaran Pendidikan Pencasila dan Kewarganegaraan pertemuan berikutnya akan berjalan lebih baik.
Peningkatan percapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu siklus 1 pertemuan ke-1 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 92% (23 siswa) dan perindividu 20% (5 siswa) dalam kriteria Aktif yang belum mencapai KKM dan pada pertemuan ke-2 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 92% (23 siswa) dan perindividu 36% (9 siswa) belum mencapai kompetensi siswa dan pada siklus 2 pertemuan ke-1 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu yaitu perkelompok 96% (24 siswa) dan perindividu 64% (16 siswa) belum memenuhi KKM dan pada pertemuan ke-2 kegiatan aktivitas belajar siswa perkelompok dan perindividu sudah mencapai KKM 100% ( 25 siswa). Uraian di atas menujukan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe The Power Of Two dapat meningkatakan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, The Power Of Two, PPKn
Download berkas