Penulis / NIM
RISTANTI UPING / 221410086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
RISTANTI UPING: NIM 221 410 086 "Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara ". Skripsi 2014 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan S1 PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Drs. Welly Pangayow M.si, Ph.D (Pembimbing Satu) dan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH (Pembimbing dua). Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Atinggola? Untuk itu, pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting akan meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam kegiatan proses pembelajaran dapat diterima dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini mengharapkan dampak yang positif terhadap tingkat pemahaman dan kreativitas belajar siswa, disamping itu, dapat memberikan rujukan bagi guru lainnya dalam upaya perbaikan proses pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: Penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 3 Atinggola Kabuaten Gorontalo Utara " terbukti" dan dapat diterima.
Kata Kunci : Kreativitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Probing-Prompting.
Download berkas