Penulis / NIM
DEVIT KURNIAWAN / 221410089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
Devit Kurniawan. 221410089. "Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII Sekolah Menengan Pertama Negeri 11 Satu Atap Wonosari".Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.dibawah bimbingan bapak Drs.Revoljtje.O.W.Kaunang,M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Hj. Maisarah Sunge,SH.MH selaku Pembimbing II.
Dengan rumusan masalah apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Satu Atap Wonosari .Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui penggunaan model pembelajaran kolaborasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Satu Atap Wonosari siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa 10 orang
Dari hasil penelitian sebanyak 1 siklus dengan 3 kali pertemuan secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau peningkatan yaitu pada siklus 1 pertemuan 1 siswa yang tuntas sebanyak 20%, sedangkan pada siklus 1 pertemuan ke 2 sebnyak 60% meningkat menjadi 40% dan sedangkan untuk siklus 1pertemuan ke 3 sebnyak 100% jadi meningkat sebnyak 40%
Kata kunci : Pembelajaran Kolaborasi Pendidikan Kewaranegaraan, Hasil Belajar Siswa
Download berkas