Penulis / NIM
ERVINA DERFIT / 221410090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Abstrak
ABSTRAK
Ervina Derfit. 2015. "Peran Guru Kelas dalam Mengiplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I bapak, Dr. Jusdin Puluhulawa. SH.M.Si dan Pembimbing II bapak Dr. Sastro M. Wantu. SH.M.Si.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikian karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo, dan upaya apakah yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo, dan menganalisis upaya yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian pada rumusan masalah pertama yaitu, Nilai karakter religius, jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab, dan rumusan masalah yang
kedua yaitu, program kegiatan, koordinasi pelaksanaan, pemantauan dan penilai,
indikator keberhasilan. Lokasi penelitian yaitu SMP Negeri 11 Gorontalo. Instrument
penelitian yaitu, manusia sebagai instrumen penelitian utama. Situs atau informasi dalam penelitian ini yaitu, Kepala tata usaha, Kepala sekolah, guru PPKN, guru Agama, guru BK, wali kelas VII, dan peserta didik kelas VII. Sumber data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini yaitu adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, observasi terus terang, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Dalam metode analis data peneliti menggunakan analisis komponensial. Pada keabsahan data ini peneliti menggunakan uji kredibilitas data atau derajat kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menggambarkan peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo. Dilihat dari hasil wawancara dari ke lima nilai karakter yang diterapkan di sekolah yaitu, nilai karakter Religius, Jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Berdasarkan kelima nilai karakter tersebut, pihak sekolah sudah menerapkannya, namun kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Kemudian ada upaya yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Gorontalo yaitu, program kegiatan, koordinasi pelaksana, pemantauan dan penilaian, dan indikator keberhasilan, berdasarkan keempat upaya tersebut, sudah dilakukan oleh ihak sekolah namun kurang kompak dalam pembinaan nilai karakter pada peserta didik, khususnya kelas VII. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo termasuk dalam kategori kurang mengiplementasikan nilai karakter dan belum maksimal pelaksanaannya.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Guru, Peserta Didik.
Download berkas