SKRIPSI

Penulis / NIM
ERVINA DERFIT / 221410090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Abstrak
ABSTRAK Ervina Derfit. 2015. "Peran Guru Kelas dalam Mengiplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I bapak, Dr. Jusdin Puluhulawa. SH.M.Si dan Pembimbing II bapak Dr. Sastro M. Wantu. SH.M.Si. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikian karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo, dan upaya apakah yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo, dan menganalisis upaya yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian pada rumusan masalah pertama yaitu, Nilai karakter religius, jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab, dan rumusan masalah yang kedua yaitu, program kegiatan, koordinasi pelaksanaan, pemantauan dan penilai, indikator keberhasilan. Lokasi penelitian yaitu SMP Negeri 11 Gorontalo. Instrument penelitian yaitu, manusia sebagai instrumen penelitian utama. Situs atau informasi dalam penelitian ini yaitu, Kepala tata usaha, Kepala sekolah, guru PPKN, guru Agama, guru BK, wali kelas VII, dan peserta didik kelas VII. Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, observasi terus terang, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Dalam metode analis data peneliti menggunakan analisis komponensial. Pada keabsahan data ini peneliti menggunakan uji kredibilitas data atau derajat kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo. Dilihat dari hasil wawancara dari ke lima nilai karakter yang diterapkan di sekolah yaitu, nilai karakter Religius, Jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Berdasarkan kelima nilai karakter tersebut, pihak sekolah sudah menerapkannya, namun kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Kemudian ada upaya yang dilakukan guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Gorontalo yaitu, program kegiatan, koordinasi pelaksana, pemantauan dan penilaian, dan indikator keberhasilan, berdasarkan keempat upaya tersebut, sudah dilakukan oleh ihak sekolah namun kurang kompak dalam pembinaan nilai karakter pada peserta didik, khususnya kelas VII. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas dalam mengiplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Gorontalo termasuk dalam kategori kurang mengiplementasikan nilai karakter dan belum maksimal pelaksanaannya. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Guru, Peserta Didik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011