Penulis / NIM
NUNUNG HASAN / 221410091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nunung Hasan 221 410 091 "Penerapan Metode Kelompok Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dikelas X IS'1 SMA Negeri 1 Telaga". Tugas Akhir Skripsi.Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan,Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Drs.Revoltje O.W.Kaunang,M.Pd dan Pembimbing II Asmun W.Wantu,S.Pd,M.Sc
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil bealajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui penggunaan metode pembelajaran kelompok interaktif. Dengan rumusan masalah apahakh dengan menggunakan metode pembelajaran kelompok interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas X IS'1 SMA Negeri 1 Telaga. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IS'1 dengan berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 18 siswa putrid ,dan sasaran utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa penyelesaian soal dan diskusi kelompok. Hal ini ditunjukan peningkatan hasil belajar siswa siklus I pada pertemuan pertama walaupun belum mencapai target,pada pertemuan pertama sudah 55.55% siswa yang mendapatkan hasil yang buruk,pada pertemuan kedua dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa-siswa tersebut walaupun belum mencapai target,pada pertemuan kedua sudah 66,66% siswa yang mendapatkan hasil yang baik. Pada pertemuanketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 100% sihingga sudah mencapai ketuntasan 80%.Hasil uji kompotensi siklus I pertemuan ketiga lebih baik dibandingkan pertemuan kesatu dan kedua. Keaktifan hasil belajar siswa mengalami peningkatan,hal ini ditunjukan presentasi hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 55,55%,pertemuan kedua sudah 66,66% dan pertemuan ketiga yaitu 100%.Hal ini Nampak bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran sudah sangat baik sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang bagus.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa,Pembelajaran kelompok Interaktif, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganeraan.
Download berkas