SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSDIANA KABI / 221410096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Rosdiana Kabi 221 410 096 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Wonosari". Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Drs.Revoltje O.W Kaunang, M.Pd dan pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKN melalui model pembelajaran talking stick. Secara khusus untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VIII SMP Negeri 7 Wonosari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonosari dengan subjek penelitian adalah 33 siswa pada kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes uraian. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siwa. Selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan kewarganegaraan pertemuan berikutnya akan berjalan lebih baik. Peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pertemuan ke-1 51,51% (17 siswa) Yang sudah memenuhi KKM pada pertemuan ke-2 mencapai kompetensi siswa meningkat menjadi 90,90 (31 siswa) dan pada pertemuan ke-3 mencapai kompetensi siswa 100% (33 siswa) sudah memenuhi KKM. Uraian di atas menunjukan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe TALKING STICK dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan kewarganegaraan. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011