Penulis / NIM
ROSDIANA KABI / 221410096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Rosdiana Kabi 221 410 096 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Wonosari". Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Drs.Revoltje O.W Kaunang, M.Pd dan pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKN melalui model pembelajaran talking stick. Secara khusus untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VIII SMP Negeri 7 Wonosari.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonosari dengan subjek penelitian adalah 33 siswa pada kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes uraian.
Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siwa. Selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan kewarganegaraan pertemuan berikutnya akan berjalan lebih baik. Peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pertemuan ke-1 51,51% (17 siswa) Yang sudah memenuhi KKM pada pertemuan ke-2 mencapai kompetensi siswa meningkat menjadi 90,90 (31 siswa) dan pada pertemuan ke-3 mencapai kompetensi siswa 100% (33 siswa) sudah memenuhi KKM. Uraian di atas menunjukan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe TALKING STICK dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan kewarganegaraan.
Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Download berkas