SKRIPSI

Penulis / NIM
TIRSILIA KHUMAIRA SAMURI / 221410097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK Tirsilia Kh. Samuri 2014. "Penerapan Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran PKn Umtuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Kelas XA di MA Cokroaminoto Talaga Jaya ". Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi S1 PKn, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Hj. Maisara Sunge, SH, MH sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Time Token di kelas XA MA Cokroaminoto Talaga Jaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil yang pelaksanaannya dilakukan I siklus II kali pertemuan. Indikator keberhasilan tindakan yang hendak dicapai ialah minimal 85% kegiatan pembelajaran kelas baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa memperoleh hasil dari pengamatan baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil observasi guru di dalam kelas memperoleh hasil, siklus I pertemuan I, memperoleh sangat baik dan baik 79.99%, pertemuan II memperoleh sangat baik dan baik 93.33%. Pada hasil pengamatan siswa siklus I pertemuan I, memperoleh sangat aktif dan aktif 73.32%, pertemuan II, memperoleh sangat aktif dan aktif 99.99%. Indikator minimal ketuntasan belajar siswa 75 keatas atau daya serap 75% pada tes lisan/ tulisan maupun dari hasil evaluasi. Berdasarkan hasil ketuntasan siswa memperoleh, siklus I pertemuan I yang memperoleh ketuntasan 75 ke atas 60% dan memperoleh 75 ke bawah 40%, pertemuan II yang memperoleh ketuntasan 75 ke atas 86.66% dan memperoleh 75 ke bawah 13.33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XA di MA Coroaminoto Talaga Jaya dan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Time Token, Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011