Penulis / NIM
MARZANI ASWADJI / 221410107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Marzani Aswadji 221 410 107" Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran jigsaw Di Kelas VII MTS. MUHAMMADIYAH KABILA". Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Drs.Revoltje O.W Kaunang, M.Pd dan pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKN melalui model pembelajaran jigsaw. Secara khusus untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN DI KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KABILA
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di MTS MUHAMMADIYAH KABILA dengan subjek penelitian adalah 20 siswa pada kelas VII. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes uraian.
Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran dan aktivitas siwa. Selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan kewarganegaraan pertemuan berikutnya akan berjalan lebih baik. Peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pra pertemuan 35% (7 siswa) Yang sudah memenuhi KKM pada pertemuan ke-1 mencapai kompetensi siswa meningkat menjadi 70% (14 siswa) dan pada pertemuan ke-2 mencapai kompetensi siswa 100% (20 siswa) sudah memenuhi KKM. Uraian di atas menunjukan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan.
Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Jigsaw, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Download berkas