Penulis / NIM
LA ODE HARMIN / 221410113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Harmin. NIM 221410113. Peranan Guru PKn dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII9 SMP Negeri 2 Gorontalo, Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan cara-cara yang digunakan guru pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn dan dapat menentukan cara-cara yang digunakan guru pendidikan kewarganegaraan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mendekripsikan atau menggambarkan peranan guru PKn dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obsevasi, wawancara, dan analisis dokumen.
Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan proses pengumpulan data sampai diperoleh suatu kesimpulan, sehingga analisis data tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam suatu proses penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan guru PKn dalam meningkatkan kekatifan belajar siswa yaitu guru PKn berperan sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih.
Kata Kunci: Peranan guru, keaktifan belajar
Download berkas