Penulis / NIM
FITRI YANI YAHIJI / 221410114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Yani Yahiji. 2015. ( Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Mengunakan Metode Ceramah dan Kerja Kelompok Pada Mata Pelajar Pendidikan kewarganegaraan dikelas VIIIB SMP Negeri 1 Pinogaluman). Skripsi, Program Studi PPkn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj, Zulacha. Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II ibu Asmun W. Wantu,S.Pd,M.Sc
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajar PKn melalui penggunaan metode caramah dan kerja kelompok dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok dapat menigkatka hasil belajar siswa dikelas VIIIB SMP Negeri 1 Pinogaluman subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIIIB Dengan jumlah siswa 23 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 11 siswa putri, dan sasaran utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Hasil penelitian ini menunjukana adanya peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal dan diskusi kelompok. Hal ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 pada pertemuan pertama walaupun belum mencapai target, pada pertemuan pertama sudah 60% siswa yang mendapatkan hasilyang buruk, pada pertemuan kedua dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa-siswa tersebut walaupun belum mencapai target, pada pertemuan kedua sudah 82% siswa yang mendapatkan hasil yang baik. Pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 90% sehingga sudah mencapai ketuntasan 85%. Hasil uji kompentensi siklus 1 pertemuan ketiga lebih baik dibandingkan pertemuan pertama dan kedua. Keaktifan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan prestasi hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan pertama60%, pertemuan kedua sudah 82% dan pertemuan ketiga yaitu 95%. Hal ini nampak bahwa aktifitas siswa selama pembelajaran sudah sangat baik sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang baik.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Ceramah dan Kerja Kelompok, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Download berkas