Penulis / NIM
FADLY AHMAD FAJAR KADENGKANG / 221410139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Fadly A. F Kadengkang, 2016. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script di Kelas VIII Smp Negeri 2 Paguyaman.Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si dan Pembimbing II : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP N 2 Paguyaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sampel penelitian berjumlah 39 orang siswa kelas VIII SMP N 2 Paguyaman. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan model Cooperative Script dilakaukan melalui satu siklus yang terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan cara menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui model pembelajaran Cooperative Script mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini terlihat dari meningkatnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat yakni dari 0% (observasi awal), meningkat menjadi 5,12% (pertemuan pertama), 15,38% (pertemuan kedua) dan 48,71% (pertemuan ketiga).
Kata Kunci : Rasa Percaya Diri, Cooperative Script, Peningkatan Kemampuan
Download berkas