Penulis / NIM
ERFINA KOLI / 221410143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK
Ervina Koli 221410143 "Penerapan Model Pembelajaran Values Time Pie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dikelas VIII B SMP Negeri 2 Paguyaman". Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing 1. Prof. Drs. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing 2. Drs.Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui penggunaan model pembelajaran Values Time Pie. Dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Values Time Pie dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII B SMP Negeri 2 Paguyaman.Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri, dan sasaran utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa penyelesaian soal dan diskusi kelompok. Hal ini ditunjukan peningkatan hasil belajar siswa siklus I pada pertemuan pertama walaupun belum mencapai target, pada pertemuan pertama sudah 66,67% siswa yang mendapatkan hasil yang baik, pada pertemuan kedua dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa-siswa tersebut walaupun belum mencapai target, pada pertemuan kedua sudah 76,19% siswa yang mendapatkan hasil yang baik. Pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 100% sehingga sudah mencapai ketuntasan 80%. Hasil uji kompetensi siklus I pertemuan ketiga lebih baik dibandingkan pertemuan kesatu dan kedua. Keaktifan siswa dan Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan presentasi hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yaitu 66,67%, pertemua kedua sudah 76,19% dan pertemuan ketiga yaitu 100%. Hal ini Nampak bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran sudah sangat baik sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang bagus.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Values Time Pie, Mata Pelajaran PKn
Download berkas