SKRIPSI

Penulis / NIM
RUSNAL MAMONTO / 221410145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK RUSNAL.MAMONTO 211 410 145. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajararan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Penggunaan Media Liquit Crystal Display (LCD) di Kelas VIII B SMP Negeri I Pinilosian. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan,Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2016. Dibawah bimbingan Dr. Zulaecha. Ngiu selaku pembimbing I dan Asmun W.Wantu. S.Pd.M.Sc selaku pembimbing II. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri I Pinolosian pada mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah adalah apakah melalui penggunaan media Liquit Crystal Display (LCD), hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri I Pinolosian dapat ditingkatkan pada mata pelajaran Pendidikan PPKn. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Liquit Crystal Display (LCD) pada mata pelajaran PPKn. Subjek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri I Pinolosian. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dimana jumlah siswa yang diteliti sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus, dimana pada siklus I materi Pemilihan Umum sesiau hasil evalusai siswa yang tuntas sebanyak 21 orang atau 70% dan yang belum tuntas sebanyak 9 orang atau 30%. Kegiatan siswa dalam pembelajaran belum optimal dan diperlukan siklus lanjutan. Oleh karena itu, dilaksanakan siklus II dengan materi Demokrasi dan Asas asas Pemilihan Umum. Dari hasil evaluasi siklus II siswa yang tuntas sebanyak 28 orang atau 93,3% dan yang belum tuntas 2 orang atau 6,7%. Dari hasil penelitian sebanyak 2 siklus secara jelas terlihat mengalami kenaikan atau peningkatan yaitu pada siklus I yang tuntas mencapai 70% sedangkan siklus II meningkat hingga mencapai 93,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Liquit Crystal Display (LCD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri I Pinolosian pada mata pelajaran PPKn. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan "Jika guru menggunakan media Liquit Crystal Display (LCD) dalam proses belajar mengajar, pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII B SMP Negeri I Pinolosian maka hasil belajar siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media, Liquit Crystal Display (LCD)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011