SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD RIZAL GOMA / 221410146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Moh. Rizal Goma. 2014. "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Together pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolangitang Barat". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran learning together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolangitang Barat?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolangitang Barat dengan menggunakan model pembelajaran learning together. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolangitang Barat dengan menggunakan model pembelajaran learning together. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi prestasi belajar siswa atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni; pada siklus I pertemuan ke 1 rata-rata prestasi belajar siswa yang diukur dari 3 aspek yakni aspek pengetahuan, sikap dan keterampilaan. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus I pertemuan 2, pada tindakan siklus I pertemuan ke 2 diperoleh hasil rata-rata prestasi belajar siswa sudah memenuhi harapan, yakni dari 3 aspek yang diamati secara keseluruha sudah baik, dengan demikain hipotesis yang berbunyi" Jika digunakan model pembelajaran learning together, maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII-B SMP Negeri 1 Bolangitang Barat, akan meningkat" telah teruji dengan benar dan dapat diterima". Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Together dan Prestsi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011