SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD YULAN MARETENG / 221410147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK Ahmad Yulan Mareteng. 221410147 2015 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembejaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri I Kaidipang". Tugas Akhir Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Dibimbing Oleh Drs. Revoltje O.W. Kaunang M.Pd, Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Masaalah pokok dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Hipotesis tindakan adalah jika digunakan model pembelajaran Snowball throwing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang dikenai tindakan adalah 16 orang siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kaidipang tahun pelajaran 2014/2015. Dalam pengumpulan data digunakan lembar observasi kegiatan guru, siswa serta tes tertulis. Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tindakan apabila secara klasikal 85 % jumlah siswa mendapatkan skor minimal 65. Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing di kelas IX SMP Negeri 1 Kaidipang pada Siklus I Pertemuan I menunjukan bahwa dari 16 orang siswa yang dikenai tindakan 10 orang siswa atau 62,5% memperoleh nilai skor minimal 65 dan untuk siklus I pertemuan II adalah 12 orang siswa atau 75 % memperoleh nilai skor minimal 65. Ini menunjukan bahwa presentase keberhasilan pencapaian siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siklus I pertemuan I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan karena masih terdapat beberapa aspek kegiatan pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik. Untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutunya atau Siklus I Pertemuan III disertai perbaikan terhadap aspek pembelajaran yang belum optimal. Perbaikan pada siklus I Pertemuan I dan II terhadap aspek pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing tersebut akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yakni dari 16 orang siswa atau 93,75 % memperoleh skor minimal 65. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Snowball Throwing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011