Penulis / NIM
MUHAMAD OZY MALOHO / 221410148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN (SAVI) SOMATIS, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 GORONTALO UTARA
Muhamad Ozy Maloho* Asmun.W.Wantu, S.Pd,M.Sc* Rasid Yunus, S.Pd,M.Pd
Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Muhamad Ozy Maloho. 221410148 2017. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembejaran SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara". Tugas Akhir Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dibimbing oleh Ibu Asmun W.Wantu S.Pd, M.Sc, Bapak Rasid Yunus S.Pd, M.Pd
Masaalah pokok dalam penelitian yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran somatis, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas XI ATPH SMK Negeri 2 Gorontalo Utara. Siswa yang dikenai tindakan adalah 16 orang siswa, penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas.
Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, siswa serta tes tertulis. Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tindakan apabila secara klasikal 85% jumlah siswa mendapatkan skor minimal 65. Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) di kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo Utara pada Siklus I Pertemuan I menunjukan bahwa dari 16 orang siswa yang dikenai tindakan 10 orang siswa atau 62,5% memperoleh nilai skor minimal 65 dan untuk siklus I pertemuan II adalah 12 orang siswa atau 75% memperoleh nilai skor minimal 65. Pada Siklus I Pertemuan III disertai perbaikan terhadap aspek pembelajaran yang belum optimal. Perbaikan pada siklus I Pertemuan I dan II terhadap aspek pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) tersebut akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yakni dari 16 orang siswa atau 93,75% memperoleh skor minimal 65.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran SAVI, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn di kelas XI SMK Negeri 2 Gorontalo Utara
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran (SAVI) Somatis, Auditory, Visual, Intelektual.
Download berkas