Penulis / NIM
WIRAWAN G. MASUARA / 221410153
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
WIRAWAN G. MASUARA, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended Problem) di Kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau Kec. Biau Kab. Buol. Skripsi. Pembimbing I : Hj. Maisara Sunge, SH. MH. Pembimbing II : Asmun W. Wantu, S.Pd,M.Sc. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Problem di kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Open Ended Problem. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang terdiri dari laki-laki berjumlah 17 orang siswa dan perempuan berjumlah 18 orang siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama yaitu hasil belajar siswa mencapai 63,33% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.00%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Problem maka hasil belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kota Buol.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Open Ended Problem.
Download berkas