Penulis / NIM
SAFRAN KASIM / 221410154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Safran kasim. 2017. Akuntabilitas Kepala Sekolah Pada Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Sma Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo Skripsi pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu; Bagaimana akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, faktor-faktor apa yang mempengaruhi akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan upaya apa saja yang dilakukan Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi profesional guru dan mengetahui upaya-upaya apa yang dilakukan Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi profesional guru dilaksanakan dengan cara mengembangkan kompetensi guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran kompetensi guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Terdapat yang mempengaruhi akuntabilitas kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yaitu faktor kemampuan guru itu sendiri, faktor pergantian kurikulum, faktor sarana dan prasarana pendukung
Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam akuntabilitas pengemabngan kompetensi profesional guru yaitu menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi, Menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi guru melaksanakan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran dan Menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi guru melaksanakan evaluasi pembelajaran berupa teknik penyusunan, teknik pelaksanaan dan teknik evaluasi pembelajaran.
Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo telah memiliki akuntanbilitas dalam pengembangan kompetensi profesional guru.
Keyword : Akuntabilitas, Kompetensi Profesional Guru
Download berkas