Penulis / NIM
ADE SALMI MANATA / 221410156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Ade Salmi Manata. 221410156. 2015 ..." Penerapan model cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pembelajran pendidikan kewarganegaraan di madrasah aliyah nuruttaqwa limboto kabupaten gorontalo. skripsi jurusan pendidikan kewarganegaraan fakultas ilmu sosial universitas negeri gorontalo. di bimbing oleh Dr.Hj.zulaecha Ngiu,M.Pd selaku pembimbing I dan Asmun W. Wantu.SPd,M.Sc selaku pembimbing II.
Tujuan pemulisan PTK ini adalah untuk rmeningkatkan hasil belajar siswa kelas X madrasah aliyah nuruttaqwa limboto kabupaten gorontalo pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 Peningkatan itu dibuktikan dengan perolehan presentase peningkatan dari Pra-siklus sampai dengan Siklus 2. Dimana pada siklus 2 peningkatan hasil belajar siswa melalui Pengamatan Proses diperoleh 76,1%, Evaluasi formatif diperoleh rata-rata sebesar 83,10% dan Ketuntasan sebesar 73,3%. Dengan demikian bahwa Model cooperative learning tipe berkirim salam dan soal bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber hukum dan peradilan nasional di kelas X madrasah aliyah nuruttaqwa limboto
KATA KUNCI : PKN, Kooperatif tipe Berkirim salam dan soal, Hasil Belajar.
Download berkas