Penulis / NIM
WAWAN KURNIAWAN KOROMPOT / 221410158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK
Wawan Kurniawan korompot.2016, Nim. 221 410 158. meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran picture and picture dikelas 11 teknik komputer jaringan smk 23 maret lolak" Skiripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan. Ibu Hj. Zulaecha Ngiu M.Pd, selaku dosen pembimbing I dan bapak Drs. Revoltje o. w. Kaunang, M.Pd selaku dosen pembimbing II
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas 11 Teknik komputer jaringan SMK 23 Maret Lolak pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa di kelas 11 Teknik komputer jaringan SMK 23 Maret Lolak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah picture and picture. Pada penelitian ini, hasil pemahaman siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 31% atau 10 siswa yang telah mampu memahami materi yang di ajarkan dari 24 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua pemahaman siswa meningkat dari sebelumnya tetapi belum mencapai indikator ketuntasan minimal pemahaman, pada pertemuan kedua hanya mendapatkan 86% atau 20 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dari 24 siswa dan setelah dilakukan pertemuan ketiga maka standar ketuntasan pemahaman siswa telah tercapai yakni 97% atau 24 siswa yang mendapatkan hasil pemahaman yang sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture telah mendapatkan peningkatan yang baik.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran picture and picture.
Download berkas