Penulis / NIM
SITTI RAHMANIATI DARIUS / 221410159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Rahmaniati Darius. 2017. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Skripsi. Jurusan S1 Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing (II) Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Model Pembelajaran Problem Posing adalah pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk berpikir kritis sekaligus dialogis, kreatif dan interaktif atau pengajuan masalah-masalah yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan. Pertanyaan-pertayaan tersebut kemudian diupayakan untuk dicari jawabanya baik secara individu maupun bersama dengan pihak lain, misalnya sesama siswa maupun dengan pengajar sendiri.
Penelitian ini merupakan studi Penelitian Tindakan Kelas disalahsatu sekolah menengah atas prasetya kota gorontalo, bertujuan untuk melihat apakah dengan penerapan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas XI ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah atas prasetya kota gorontalo, yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan aktivitas siswa dan lembar hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pengamatan kegiatan guru pada siklus I (pertemuan 1) mencapai 16,67 % (pertemuan 2) mencapai 33,33%. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus II (pertemuan 1) mencapai 75%, (pertemuan 2) 83,33%. Hasil pengamatan kegiatan aktivitas siswa pada siklus I (pertemuan 1) mencapai 25%, (pertemuan 2) mencapai 37,5% dan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus II (pertemuan 1) mencapai 62,5%, (pertemuan 2) mencapai 87,5%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai 63,39%, dan hasil belajar siswa siklus II mencapai 80,65%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI ilmu pengetahuan alam sekolah menengah atas prasetya kota gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar Siswa
Download berkas