Penulis / NIM
ALINDA PAJALI / 221410163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
Alinda Pajali, 2104. " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boliyohuto". Skripsi . Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan program studi S1 Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial,Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman belajar siswa dalam membuat suatu kesimpulan terhadap tugas khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas X, dengan menggunakan metode Pembelajaran Resitasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus untuk siklus 1 pertemuan pertama aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan metode resitasi berupa menyimpulkan suatu tugas yang diberikan, dari 21 orang siswa ada 7 (66%) orang siswa memiliki hasil evaluasi belajar yang tuntas atau mencapai kriteria penilaian, setelah diadakan tindakan selanjutnya pada siklus 1 pertemuan kedua sedikit lebih meningkat dari hasil sebelumnya, dilihat dari hasil evaluasi belajar siswa yang mengalami peningkatan yakni menjadi 12 (57%) orang untuk kategori tuntas. Kemudian dilanjutkan ke pertemuan ketiga, dalam pertemuan ini telah mengalami peningkatan menjadi 19 (90,48%) orang yang mencapai nilai tuntas, hal ini untuk lebih mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diharapkan.
Dengan hasil yang dicapai dari penelitian ini, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boliyohuto.
Kata Kunci : Aktivitas belajar, Pembelajaran Resitasi, Pelajaran PKn.
Download berkas