Penulis / NIM
LIA SEPTIANY MUTIARA / 221410170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam pembelajaran PKn bagi guru di SMP Negeri 11 Kelurahan Tamalate Kec. Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan penerapan keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis berusaha menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII d. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah pengamatan dan wawancara. Strategi pengelolaan kelas bukan hanya ditujukan untuk perubahan siswa namun meningkatkan kesadaran diri sebagai guru. Faktor-faktor pengelolaan kelas yang bersifat pencegahan belum dapat dimaksimalkan oleh guru. faktor instrumen sebagai pelengkap proses pembelajaran berupa penggunaan media pembelajaran jarang digunakan dan diaplikasikan oleh guru di dalam proses pembelajaran..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan pengelolaan kelas di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo belum diterapkan secara maksimal. Terampilnya guru dalam mengelola kelas tergantung pada kesadaran guru itu sendiri agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Keterampilan, Pengelolaan Kelas
Download berkas