Penulis / NIM
RIMA MOPATU / 221410172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Rima Mopatu, 2017. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu hukum dan Kemasyarakatan Fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMPN I Paguyaman Kabupaten Bualemo. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan Guru PPkn dengan Kepala sekolah SMPN I Paguyaman Kabupaten Bualemo.
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik, melalui pencegahan secara umum dan pencegahan secara khusus. Usaha pencegahan timbulnya kenakalan peserta didik secara umum (1) mengetahui kesulitan-kesulitan dan penyebab secara umum dialami oleh peserta didik, dan (2) usaha pembinaan peserta didik. Sedangkan secara khusus dengan pemberian bimbingan berupa: penyesuaian diri dan orientasi diri.
Hasil Penelitian menujukan Terdapat faktor penghambat peran guru Pendidikan Kewarganegaran dalam menurunkan angka degradasi Moral Siswa di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo : 1) Keterbatasan alokasi waktu memberikan pembinaan dan bimbingan, 2) Pergaulan teman sebaya yang negatif, 3) Orangtua peserta didik tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah. 4) Sikap masa bodoh peserta didik terhadap nasihat guru, cara mengatasinya dengan memberikan perhatian khusus terhadap peserta didik tersebut sehingga dia merasa diperhatikan dan lain hari mau melaksanakan nasihat yang diberikan kepadanya
Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa peran guru pendidikan kewarganegaraan telah berperan dalam menurunkan angka degradasi moral siswa di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Peran Guru, Degradasi Moral Siswa
Download berkas