Penulis / NIM
WINDI CINDIANA KARIM / 221410175
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Karim, Windi Cindiana. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Untuk dapat mencerdaskan bangsa sesuai dengan tujuan negara yang berkarakter dan beradab maka diusahakan oleh pemerintah melalui pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Namun pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan membosankan dikalangan siswa-siswa. Saat jam pelajaran berlangsung, siswa berada di luar kelas, bolos, keluar masuk saat jam pelajaran, dan lain sebagainya. Siswa dengan perilaku tidak sehat ini bisa saja ketinggalan materi pelajaran, sehingga dapat menimbulkan kurangnya motivasi dalam belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Dalam hal ini, media pembelajaran yang menarik dianalisis dari beberapa unsur yakni : gambar, efek suara/musik, animasi, permainan, teknik drama/hiburan, latihan soal, feed back, dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif inferensial menggunakan analisis statistik regresi linier sederhana. Dengan sasaran penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Telaga yang berjumlah 354 orang, dengan jumlah sampel 155 orang menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 25,9% variabilitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X SMA Negeri 1 Telaga dapat dipengaruhi oleh media pembelajaran, sedangkan sisanya sebesar 74,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas