SKRIPSI

Penulis / NIM
DWI NOVITA SARI D. HUSAIN / 221410178
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK Dwi Novita Sari D Husain. 2015. "Determinasi Motivasi Belajar Mahasiswa". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa jurusan PKn dan faktor - faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, serta upaya dalam membangkitkan motivasi belajar mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di jurusan PKn, Fakultas Ilmu Sosial. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun informan yang diwawancarai adalah 20 mahasiswa jurusan PKn angkatan 2011 serta 3 dosen yang mengajar di jurusan PKn. Hasil penelitian menggambarkan bahwa 25% mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi, 50% motivasi belajar sedang dan sisanya 25% memiliki motivasi belajar rendah. Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik terdiri dari minat, cita - cita, dan kondisi mahasiswa. Berdasarkan minat, 50% mahasiswa memilih jurusan PKn sesuai minat mereka, 15% karena dorongan orang lain dan 35% karena kebetulan lulus. Sementara itu jika dilihat dari cita - cita, 80% mahasiswa ingin menjadi pengajar, dan masing - masing 5% mahasiswa ingin menjadi PNS, Politisi, Tentara dan melanjutkan studi.Berdasarkan kondisi mahasiswa, dapat diketahui bahwa 40% mahasiswa terpengaruh karena kondisi fisik, 40% kondisi emosional, 15% fisik dan emosional berpengaruh dan sisanya 5% menyatakan tidak berpengaruh. Sementara itu faktor ekstrinsik yang terdiri dari dosen pengajar, materi kuliah, metode perkuliahan dan kondisi dan suasana ruang perkuliahan. Faktor pertama yaitu dosen pengajar, 65% mahasiswa mengatakan dosen berpengaruh dari cara mengajarnya, 30% dari nasehat yang diberikan dan 5% mengatakan tidak berpengaruh. Dilihat dari materi kuliah, 75% mengatakan berpengaruh dan sisanya 25% tidak berpengaruh. Selanjutnya metode perkuliahan, 100% atau seluruh mahasiswa mengatakan bahwa metode yang digunakan sangat berpengaruh. Berdasarkan kondisi dan suasana ruang perkuliahan, 55% mahasiswa terpengaruh karena ruangan tidak kondusif (panas/kotor), 20% karena kurang fasilitas, 20% karena ribut dan 5% karena ruang kelas di luar kampus. Selanjutnya upaya dalam membangkitkan motivasi belajar yang terdiri dari teknik dan upaya dosen dalam meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, teknik yang dapat digunakan yaitu: pemberian tugas, menggunakan metode yang sesuai dan memberikan kesempatan. Sementara itu upaya yang dapat digunakan yaitu: memberikan perhatian dan mengadakan fasilitas kampus. Kata kunci: Determinasi, motivasi belajar, mahasiswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011