Penulis / NIM
NINDI DJIBU / 221410179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
NINDI DJIBU. 2015. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIIIB Di SMP Negeri 3 Paguat Kabupaten Pohuwato" dengan Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si Skripsi. Program Studi Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Gorontalo.
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Media Pembelajaran oleh guru PKn dalam Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 3 Paguat Kabupaten Pohuwato, Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum efektifnya Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran PKn pada siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 3 Paguat dan Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengefektifkan Penggunaan Media pembelajaran dalam Mata Pelajaran PKn pada siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 3 Paguat.
Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana peneliti mencoba memahami seluruh kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang ada hubungannya dengan obyek penelitian yaitu efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIIB di SMP Negeri 3 Paguat Kabupaten Pohuwato.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media pembelajaran dalam Mata Pelajaran PKn pada siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 3 Paguat Kabupaten Pohuwato belum efektif. Hal ini bias kita lihat dalam kegiatan pebelajaran media yang sering digunakan guru PKn berupa media chart dan buku cetak untuk penggunaan LCD memang sudah ada akan tetapi jarang digunakan oleh guru PKn karena menganggap terlalu rumit dan terbatasnya media bersangkutan. Faktor-faktor yang menyebabkan belum efektifnya penggunaan media pembelajaran antara lain dipengaruhi oleh kemampuan guru PKn masih kurang dalam mengoperasikan media pembelajaran khususnya LCD, Pendidik lebih menyukai metode konvensional karena lebih muah dan praktis, sarana dan prasarana yang terbatas, dan pengawasan pimpinan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengefekifkan penggunaan media pembelajaran, yaitu melakukan pelatihan kepada pendidik dan meningkatkan manajeman penggunaan media pembelajaran, dan mengkomunikasikan rencana penggunaan media pembelajaran, dan mengkomunikasikan rencana penggunaan media pembelajaran modern di sekolah.
Kata Kunci: Efektivitas dan Media Pembelajaran
Download berkas