Penulis / NIM
JANSEN FERDY INKIRIWANG / 221410182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Jansen F. Inkiriwang 2012.“ Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa melalui
metode Tanya Jawab pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 2 Karya Baru
Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. H Sukarman Kamuli M.Si dan Pembimbing II.
Dr. Udin Hamin SPd. SH. Msi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran PKn dan dengan adanya kenyataan bahwa Aktivitas belajar PKn
di Kelas V kurang menekankan pada metode tanya jawab yang mengaktifkan
siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Apakah dengan menggunakan
metode Tanya Jawab dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SDN
2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
kelas V SDN 2 Karya Baru melalui metode tanya jawab
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini
yaitu metode Tanya jawab dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum
menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa
pada Siklus I menunjukan bahwa dari 13 orang siswa yang dikenakan tindakan
hanya 7 orang siswa atau 53.84% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan
pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65
ke atas berjumlah 12 orang siswa atau 92.30 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa bahwa jika dengan menggunakan metode tanya Jawab dalam pembelajaran
maka aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Karya Baru akan meningkat.
Kata Kunci: Aktivitas belajar siswa, metode tanya jawab.
Download berkas