Penulis / NIM
CENNY MUSA SJAHRAIN / 221410186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
Cenny Musa Sjahrain, 2012,“ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Peta Konsep Di Kelas V SDN Molosifat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato”. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II. Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd.
Yang menjadi permasalahan tindakan kelas ini adalah : Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Peta Konsep. Pada siswa Kelas V SDN Molosifat. Tujuan penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Peta Konsep Di Kelas V SDN Molosifat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato.
Penelitian awal menunjukkan bahwa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Peta Konsep Di Kelas V SDN Molosifat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato. Terdapat beberapa siswa yang belum memahami Peta Konsep. 8 orang dari sejumlah 18 orang siswa Kelas V. Salah satu alternatif mengatasi hal ini adalah dengan melalui pembelajaran Peta Konsep. Jika masalah ini tidak dicari solusinya dikhawatirkan tidak mampu memahami Peta Konsep. Setalah diadakan Siklus I ternyata belum berhasil, karena dari 18 orang siswa, 8 orang siswa (45 % ) belum memahami Peta Konsep. Untuk itu diadakan lagi Siklus II, ternyata pada Siklus II ini mengalami peningkatan yaitu menjadi 15 orang ( 85 % ) dari 18 orang siswa sesuai dengan indikator kinerja, jadi tidak perlu lagi dilanjutkan ke Siklus III.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Peta Konsep Di Kelas V SDN Molosifat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato
Kata Kunci : Hasil Belajar, Peta Konsep
Download berkas