Penulis / NIM
AMNA TRIANA PAGOTJA / 221410189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Amna Triana Pagotca 2012.“ Meningkatkan hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran PKn Melalui Metode Talking Stick di kelas IV SD Inpres Padengo
Kecamatan Popayato Barat. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I. Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd dan Pembimbing II. Asmun W.
Wantu S.Pd M.Sc
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKN dan dengan adanya kenyataan bahwa hasil belajar PKn di
Kelas IV kurang menekankan pada metode Talking Stick yang mengaktifkan
siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Apakah hasil belajar siswa
kelas IV SD Inpres Padengo kecamatan Popayato baratdalam pembelajaran PKn
dapat di tingkatkan melalui metode Talking Stick.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajara siswa kelas IV
SD Inpres padengo Kecamatan popayato Barat dalam pelajaran PKn melalui
metode talking Stick
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu metode
Talking Stick dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum
menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian hasil belajar siswa pada
Siklus I menunjukan bahwa dari 26 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 8
orang siswa atau 40% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada
pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas
berjumlah 22 orang siswa atau 95 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa bahwa jika dengan menggunakan metode Talking Stick dalam
pembelajaran maka hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres padengo Kecamatan
popayato Barat Kabupaten pohuwato akan meningkat.
Download berkas