SKRIPSI

Penulis / NIM
NI WAYAN WARTINI / 221410193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
Ni Wayan Wartini, “Pengaruh Lingkungan Sosial TerhadapHasil Belajar SiswaSD Inpres Panca Karsa I Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato” Jurusan Ilmu Hukum dan Kemayarakatan Program Studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Judul ini diangkat untuk mengetahui bagaiman pengaruh lingkungan social terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres Pancakarsa II dibawah bimbingan Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Drs. Revoltje O.W.Kaunang, M.Pd. Pendidikan sebagai sebuah sosialisasi itu sangat bergantung pada iklim lingkungan sosial masyarakat dimana pendidikan berlangsung. Keterkaitan antara lingkungan sosial dan pendidikan tersebut perlu digarisbawahi guna menghasilkan kualitas pendidikan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan pendidikan sangat menentukan terbentuknya kepribadian seseorang, yang pada akhirnya menjadi cermin kepribadian suatu bangsa. Rumusan masalah: apakah sosial dapat berpengaruh terhadap hasil belajar di SD Inpres Panca Karsa II Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara sosial dengan hasil belajar siswa Inpres Panca Karsa II, Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan bentuk studi korelasi dan regresi penulis dalam pengumpulan data. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti, selanjutnya mengadakan analisis terhadap data-data hasil penelitian. Hasil penelitian: hasil belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak didik, baik itu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dapat dilihat dari jawaban responden yang mencapai 66%, hal ini menandakan bahwa dari lingkungan social yang kondusif maka hasil belajar siswa pula akan meningkat. Ketiga unsur lingkungan sosial tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan karakter anak hingga menjadi dewasa. Secara keseluruhan pengaruh yang ditimbulkan oleh lingkungan sosial tersebut dapat bersifat positif dalam mempengaruhi psikologi atau karakter individu. Namun demikian perlu diwaspadai bahwa selain pengaruh positif, lingkungan sosial juga dapat memberikan pengaruh negatif individu selama proses pertumbuhannya. Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011