Penulis / NIM
YAYUN LAKORO / 221410196
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
Yayun Lakoro, A.Ma. “Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas V SDN Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.”
Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Pendidikan Strata I (S1) Fakultas
Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo (UNG).
Studi penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share merupakan studi tentang bagaimana penerapan pemahaman terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Studi ini di latar belakangi atas rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran di SD Inpres Pelambane Kec Randangan Kabupaten Pohuwato.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Model Pembelajaran Think-Pair-Share.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yakni
dengan Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Model
Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas V SDN Inpres I Pelambane Kec. Randangan
Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. .
Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemahaman siswa pada siklus I
memperoleh nilai perolehan siswa pada siklus I rerata 64,2 dengan perincian adalah
siswa yang memperoleh kriteria baik 9(29%), kritria cukup 15(48,4%) serta kriteria
kurang 7(22,6%), namun pada siklus II rerata yang diperoleh adalah 79,8 dengan
perincian adalah krieria baik sekali adalah 5(16,1%) dan kriteria baik 26(83,9%) serta
tidak ada kriteria cukup dan kurang. Data ini menujukkan bahwa peningkatan siklus
II untuk kriteria baik sekali adalah 16,1%, dan kriteria baik 54,9%
Kata kunci : Pemahaman Siswa, Pembelajaran Think-Pair-Share
Download berkas