Penulis / NIM
HASIM PAKAYA / 221410198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
H as i m Pakaya 2012." Meningkatkan Aktivitas siswa melalui model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran PKn di kelas V SDN I Libuo Kecamatan Pagiiat Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH,MH dan Pembimbing II. Dr. Hj Zulaecha Ngiu, MPd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN dan dengan adanya kenyataan bahwa Aktivitas belajar PKn di Kelas V kurang menekankan pada model pembelajaran Talking Stick yang mengaktifkan siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SDN I libuo Kecamatan paguat kabupaten pohuwato.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN I Libuo Kecamatan Paguat melalui model pembelajaran Talking Stick
Model Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran Talking Stick dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa pada Siklus I menunjukan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 8 orang siswa atau 40% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 22 orang siswa atau 95 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa bahwa jika dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran maka Aktivitas belajar siswa kelas V SDN I Libuo kecamatan Paguat akan meningkat.
Download berkas