SKRIPSI

Penulis / NIM
MASTITAN S. UDUALA / 221410200
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
MASTITAN UDUALA. 221 410 200. Skripsi Meningkatkan hasil belajara siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Group Investigation di Kelas IV SD Inpres Motolohu Selatan Di bawah bimbingan Hj. Maisara Sunge. SH, MH dan Dra. Hj. Zulaecha Ngiu. M.Pd. Program Studi Ilmu Hukum Kewarganegaraan SI Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaa model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar beserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SD Inpres Motolohu Selatan kecamatan randangan kabupaten gorontalo. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sekolah SD Inpres Motolohu Selatan yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata presentase jumlah peserta didik yang memperlihatkan peningkatan hasilbelajar yang diharapkan, seperti yang Nampak pada siklus I 60,71% peserta didik yang memperoleh nilai diatas 65, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,71% Dengan indicator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75% atau 21 orang dari 28 anak sudah memperoleh nilai diatas 65 tercapai. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “ jika dalam proses pembelajaran digunakan model group investigation, maka hasil belajar peserta didik pada pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SD Inpres Motolohu Selatan Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato akan meningkat” diterima. Kata kunci : meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran Group Investigation.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011