Penulis / NIM
KARTIN LANIYO / 221410202
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Kartin Laniyo. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Picture and Picture di Kelas IV SD Inpres I Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Welly Pangayow, M.Si. Ph.D, Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa Kelas IV SD Inpres I Bukit Tingki Kecamatan Popayato pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan melalui metode Picture and Picture? Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Inpres I Bukit Tingki Kecamatan Popayato pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Picture and Picture.
Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013. Objek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa Kelas IV SD Inpres I Bukit Tingki Kecamatan Popayato, yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Para siswa berasal dari latar belakang suku dan agama yang berbeda dan mempunyai latar belakang kemampuan ekonomi yang berbeda pula. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa dari keseluruhan siswa yang berjumlah 18 orang, masih 16 siswa atau 88,88% yang memperoleh nilai dibawah standar ketuntasan maksimal. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila 80% dari jumlah orang siswa hasil belajarnya dapat mencapai kategori baik dengan rentang nilai 65 - 100, maka penelitian ini dianggap berhasil.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 diperoleh hasil, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 7 orang atau 38,89%, dan siswa yang memperoleh nilai 65 ke bawah berjumlah 11 orang atau 61,11%, artinya siswa yang mencapai ketuntasan belajar berjumlah 7 orang atau 38,89%. Pada siklus 2, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas meningkat menjadi 16 siswa atau 88,88%. Hal ini berarti penerapan metode pembelajaran Picture and Picture telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor yang turut mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru di kelas. Bahwa penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dipandang sangat tepat karena hasil pelaksanaan tindakan telah membuktikan menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang sangat signifikan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Picture and Picture
Download berkas