Penulis / NIM
HAJARI ABAS / 221410203
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
HAJARI ABAS 2012.“ Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Di Kelas V SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Welly Pagayow, M.Si, Ph.D, dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn. kurang menekankan pada Model Pembelajaran Kooperatif . Sehingga dirumuskan masalah Bagaiman meningkatkan Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Di Kelas V SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Metode Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu Model Pembelajaran Kooperatif dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa pada Siklus I menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 8 orang siswa atau 54 % yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 15 orang siswa atau 85 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa jika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dalam pembelajaran PKn maka Motivasi Belajar Siswa kelas V SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato akan meningkat.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas